Minggu, Juli 14

5 Tips Sehatkan Paru-paru



Tingkat polusi di Ibu Kota Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia cukup tinggi. Bahkan, baru-baru ini, dirilis data bahwa tingkat polusi di Indonesia mencapai angka 64%, yang merupakan angkat tertinggi selama ini.

Polusi yang tinggi tentunya dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan manusia, khususnya kesehatan alat pernapasan. Berbagai gangguan pernafasan, seperti Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), bronkitis, asma, dl,. dapat dipicu oleh polusi udara di sekitar kita.

Namun, ada beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda. 


1. Olahraga. Tak perlu melakukan olahraga yang berat untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Olahraga ringan, seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, sudah cukup untuk membuat paru-paru Anda sehat. Tentunya, lebih baik lagi jika olahraga dilakukan di pagi hari, saat kondisi tenang dan udara bersih serta segar. Dengan olahraga yang rutin, tubuh akan mendapatkan asupan oksigen yang cukup, sehingga paru-paru akan semakin kuat dan sehat.

2. Konsumsi Makanan Sehat. Ada beberapa makanan yang sangat baik untuk kesehatan paru-paru Anda. Salah satunya adalah cabai, makanan kecil yang menimbulkan sensasi pedas ketika memakannya. Capsaicin yang terdapat di dalam cabai dapat membantu membuka kapiler di paru-paru, sehingga racun akan keluar melalui keringat. Jangan lupa untuk juga mengurangi konsumsi produk susu, karena susu dapat menyebabkan produksi lendir yang berlebihan yang tidak baik untuk paru-paru.

3. Yoga. Meditasi asal India kuno ini terkenal dengan gerakan-gerakannya yang dapat membantu menenangkan tubuh. Yoga memang dirancang khusus untuk membantu tubuh melepaskan racun-racun yang tersembunyi di dalam tubuh. Cukup dengan melakukan pernapasan ala yoga selama 15-30 menit, maka racun yang terdapat di paru-paru Anda dapat keluar dari tubuh Anda.

4. Latihan Pernapasan. Terbukti oleh para ahli bahwa pernapasan perut dapat memperkuat dan membersihkan paru-paru. Berbaringlah telentang, letakkan tangan di atas perut, dengan telapak di bagian bawah tulang rusuk. Ambil napas dengan perlahan dan mendalam agar diafragma dapat meluas. Tahan napas sejenak, lalu buang secara perlahan. Lakukan latihan ini selama 5 menit sambil berbaring santai dan mata tertutup. Maka, Anda akan memiliki paru-paru yang lebih sehat.

5. Hindari Stres. Penyebab menurunnya kesehatan fisik seseorang tidak selalu dipengaruhi oleh lingkungan. Hal-hal yang tidak terlihat, seperti kondisi psikis dan kejiwaan, juga dapat membuat tubuh terserang penyakit. Berpikirlah positif tentang hidup, dan jangan terlalu ambil serius segala hal yang terjadi di sekitar Anda. Cobalah untuk lebih banyak bersyukur atas nikmat yang Anda peroleh dalam kehidupan, sehingga stres tidak mudah hinggap. Dengan begitu, Anda akan memiliki paru-paru yang sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar